Mengatasi enable DRAM failed (error 4032) "spflashtool"

Halo kawan udah lama saya ga pos , sibuk masalah lain hehe.. oke kali ini saya share pengalaman saya tentang flash lenovo a2010 yang mengalami hardbrick atau mati total, untuk kali ini saya anggap temen temen udah bisa cara flash menggunakan SP flash tool ., tapi masalahnya saat proses download dan ponsel mulai dicolokan mulai terjadi masalah yaitu muncul notif "enable dram failed (error 4032) dan bla bla bla" .. sudah berbagai cara sudah saya coba dari pilih download only, firmware update, format , ganti usb, ganti pc, tapi hasilnya nihil nol besar.. alhasil saya menyerah untuk beberapa saat.. eitttss tapi setelah menyelam ke lebih dalam ke blog orang kompeni atau blog luar. akhirnya nemu solusi yang benar" mantapss. menurut artikel yang saya baca  masalah terdapat pada firmware yang kita download tepatnya di bagian "preloader" ..okee langsung saja gasss simak tutornya.
1. seperti biasa buka alat tempurnya sp flash tool
2.kemudian pada tab options klik dan pilih options
3.setelah window options muncuk kemudian pada tab connection pada bagian battery pilih yang w/o battery atau kalau tidak salah without battery tanpa batre kemudian close
4.selanjutnya seperti biasa pilih sccatter loading pilih stockrom yang udah didownload.. na disini kuncinya dan melatih kesabaran kita.. kenapa?? karena walaupun merk dan type hp itu sama belum tentu stockromnya juga cocok. .untuk permasalahan "error 4032" yang jadi masalah kalau menurut artikel yang saya udah coba dan sukses itu karena file "preloader" tidak cocok dengan hp kita..jadi mau tidak mau kita harus download lebih dari satu stockrom/firmware dari beberapa situs yang berbeda. untuk kasus hp saya saya sampai harus download 4 stockrom .. oke deh setelah kita download beberapa stockrom kita coba satu"  tapi kita hanya centang bagian preloader nya saja. untuk yang lain seperti system,recovery dll tidak udah dicentang.. kemudian dalam kondisi hanya preloader yang dicentang klik download dan kemudian sambungan hh kita ke pc tanpa battery, kalo tidak merespon istilahnya kita pancing dengan menekan tahan volume down sebelum ditancapkan ke pc. .. kalau belum juga merespon bisa jadi usb atau driver mtk di pc sobat bermasalah.. setelah connect proses flash dimulai. kalau sukses maka progress bar biasanha berubah jadi ungu dan muncul notif ok.. kalau belum sukses dan masih muncul dram failed. temen" coba pakai stockrom lain yang kita download tadi.dan jangan lupa hanya preloader saja yang dicentang. kalau udah ada yang cocok file "preloader" nya diingat .soalnya nanti digunakan.
5.kalau sudah ada yang cocok preloadernya saatnya eksekusi. seperti biasa pilih sccatter loading pilih stockrom terserah sobat
6.setelah di load semua .file yang dibutuhkan kita ubah preloadernya menggunakan preloader yang tadi udah sukses ..caranya klik 2 kali pada preloader kemudian cari file preloadernya yanh tadi sukses..
7.setelah semua step dilewati silakan teman" flash seperti biasanya .
intinya masalah error 4032 menurut yang udah tak praktekin terletak pada file preloader yang tidak cocok dengan hh yang akan diflash..
resiko dan kegagalan flash bukan tanggung jawab saya. soalnya saya udah mraktekin ini untuk 2 buah hp yaitu lenovo a2010 dan replika galaxy s5.. sukses 100% ..
oke semoga sedikit info dari saya ini bisa membantu temen".. untuk info dan lainnya bisa ditanyakan lewat komentar

2 Comments

  1. udah coba pake firmware di tipe yang sama tapi beda row. tetp dram failed juga. ada solusi nggak?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post